Komentar

MENDIDIK MATA DAN HATI

Andi Suardi Nasa
Mendidik Mata dan Hati

Di zaman sekarang ini semakin hari moralitas semakin memudar kita hidup di zaman di mana batas-batas privasi tidak lagi sepenuhnya terjaga dihadapkan pada keadaan yang tidak punya pilihan lain teknologi dan media sosial telah menjadi jendela ke dalam kehidupan pribadi kita tanpa kita sadari maka kita perlu merawat privasi diri sendiri dan menghormati privasi orang lain sebagai bentuk penerimaan peran dunia digital yang lebih aman dan bermartabat.

Ada dua indera yang harus menjadi perhatian kita di zaman ini yaitu mata dan hati, keduanya adalah indera yang memiliki hubungan penting dengan orang lain. Mata kita adalah jendela untuk melihat dunia di sekitar kita sedangkan hati adalah pusat emosi dan empati. Kedua indera ini memiliki peran penting dalam membentuk cara kita berinteraksi dengan sesama. Ketika kita menggunakannya dengan bijak, maka kita dapat menciptakan hubungan saling mengerti dan saling menghormati dalam hubungan penuh kasih sayang.

Kita semua harus mengingatkan diri untuk selalu mendidik hati ini agar tidak terjerumus dalam kesombongan. Ketika hati kita telah memperoleh pendidikan terbaiknya, maka buah dari sikap itu akan mampu menghargai dan menghormati orang lain tanpa merendahkan mereka sedikitpun. Begitu juga, mata kita harus terus menerus diajari untuk melihat kebaikan dan potensi dalam setiap pencapaian orang lain, tanpa memandang buruk siapapun.

Ehm...Yah...,teruslah rendah hati selalu ciptakan hubungan yang penuh dengan kasih sayang dan penghargaan terhadap sesama entah siapa pun dia.

Bersama-sama, kita kawal sikap ini agar terus tumbuh dalam diri, mendidik hati ini agar tidak berbangga diri, dan menjaga mata ini agar tidak pernah memandang rendah terhadap orang lain.

 KATEGORI : ASNASA_LITERASI |  TAG : Jejak Hidup, Pengembangan Diri, Self Development, Reminder, Nasehat, Media Sosial, Privacy


Baca Juga

About the Author

Andi Suardi Nasa
Salam Hangat | Teruslah Mengejar Keajaiban

4 komentar

  1. Iyaa bener banget mas, suka artikel2
  2. Terimakasih kasih sudah mampir kesini, semoga bisa saling mengingatkan dalam kebaikan.
  3. Sekarang zamannya sudah gila bet. Gimana 10 tahun akan datang?
  4. Mba M, memang saat ini kita tidak bisa berbuat banyak untuk 10 tahun akan datang namun langkah paling terbaik adalah berdoa, dan terus berbuat baik kepada siapapun karna kebaikan yang pernah kita torehkan akan berbalik arah kepada kita juga. Yakini itu..
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.