Komentar

MASALAH HADIAHNYA ORANG TAQWA

Andi Suardi Nasa
"Masalah Hadianya Orang Taqwa"


Di tengah gelapnya kebingungan dan masalah yang terus menghantam, kita terkadang merasa tertekan hingga mencapai titik terendah dalam hidup kita. 

Kita merasa seperti berada di dalam jurang yang gelap dan dalam, tanpa tahu bagaimana cara keluar, kita merasa putus asa dan tidak berdaya.

Hidup terasa buntu, Ke kiri terbentur, ke kanan terbentur, ke bawah tidak ada jalan, percayalah bahwa jalan ke atas tidak akan pernah tertutup 

Tolonglah kami, ya Allah.

Tunjukkan kami jalan yang benar.

Beri kami kekuatan untuk menghadapi setiap kesulitan.

Dan bimbing kami menuju jalan-Mu yang lurus  

Doa adalah senjata yang paling ampuh untuk melawan segala macam masalah.

Orang-orang taqwa terdahulu terbiasa berdoa tidak hanya ketika hidup mereka terbentur, bahkan hal-hal sepele seperti sendal jepitnya terputus mereka juga mengadukan kepada allah dan terbukti mereka menemukan banyak keajaiban dalam hidupnya.

Mereka menyadari bahwa setiap detik dalam hidup ini adalah sebuah proses ujian, dan mereka memandang masalah sebagai hadiah dari Sang Pencipta untuk memberikan  kesempatan belajar dari kesalahan, menghargai hal-hal yang dimiliki, dan menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh sekaligus mengangkat derajat ketempat yang lebih tinggi

Tanpa masalah, !

lalu..! dari mana mereka belajar itu semua ? 

Kita harus memahami bahwa masalah adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh, bagi orang taqwa, berpikir ilmiah adalah prosesi ibadah sekaligus menjadi langkah bijak untuk menanggapi hadiah berupa ujian dari Allah.

Dalam setiap tantangan yang datang, kita tidak boleh membiarkan emosi menggurui diri kita.

Qolbu yang tenang dan ikhlas akan menjadi pelindung diri kita dari godaan emosi.

Bagi kita taqwa adalah cahaya yang menyinari jalan untuk merenungi lembaran hidup dengan penuh keyakinan bahwa Allah telah memberi kita akal untuk memecahkan peta permasalahan yang rumit yang setiap waktu hidup berdampingan dengan kita.

Dengan sabar dan tekun, seharusnya kita merenung, memilah, dan menyusun kembali setiap potongan-potongan masalah yang berantakan itu seperti seorang peneliti yang tekun mengumpulkan bukti yang mengarahkan mereka menuju kebenaran yang hakiki.

Walaupun terkadang butuh air mata untuk menerimanya dengan ikhlas 

Kita bersyukur kepada Allah yang yang telah memberikan ilmu dan akal, sehingga qolbu kita bisa hidup lebih tenang.

Sebagai orang taqwa harus meyakini bahwa setiap masalah adalah hadiah dari Sang Pencipta karena terkadang ketika kita menghadapi masalah, kita akan lebih sering berdoa dan memohon pertolongan-Nya. 

Kita harus menghormati masalah itu sebagai cara Allah untuk menyapa kesabaran kita, kebijaksanaan kita, dan ketekunan dalam menjalani ujian disini, di dunia ini, 

Setiap masalah adalah wahana ilmu yang memperdalam hubungan kita dengan Allah, karena dalam memecahkan masalah, kita hanya bisa mendekat kepada-Nya. 

Dalam perjalanan hidup ini, ketika masalah datang seperti ombak yang tak terhindarkan, ingatlah bahwa setiap masalah adalah hadiah yang Allah berikan 

Berpikirlah ilmiah, berpegang teguh pada keyakinan dan renungkan bahwa Allah selalu bersama mereka orang-orang taqwa

Dan terbukti kita bisa menjalani itu semua hingga detik ini, menyadarkan kita bahwa kita tidaklah sendirian ketakutan yang terus berisik di kepala kita hanyalah ilusi bagi orang yang jauh dari Allah

Hidup bukan tentang menunggu badai berlalu tapi tentang belajar bagaimana berdansa di bawah tetesan hujan, menunggu matahari bersinar kembali, mengusir awan gelap, lalu dunia pun bersinar dalam kehangatannya.


Teruslah Mengejar Keajaiban 

Salam Hangat | Andi Suardi Nasa




Baca Juga

About the Author

Andi Suardi Nasa
Salam Hangat | Teruslah Mengejar Keajaiban

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.